Wednesday, May 20, 2009

9 Faktor Penunjang Keberhasilan Bisnis Online Anda

Pertanyaan diatas sangat wajar ditanyakan dalam dunia bisnis online baik di Indonesia maupun di dunia. Hal ini bukanlah sebagai alat untuk membanding-bandingkan kesuksesan orang yang satu dengan yang lainnya, melainkan sebagai alat untuk pengukur seberapa besar usaha kita. Mengapa usaha? Karena bisnis online tidak ditentukan dari faktor dana, faktor keturunan ataupun faktor lainnya yang dapat memengaruhi keberhasilan dalam dunia bisnis nyata / bukan bisnis online. Faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan bisnis online adalah seberapa besar usaha kita. Usaha disini meliputi kesabaran, fokus dan rajin.

Untuk memulai sebuah bisnis diperlukan perencanaan yang matang, team yang solid, manajemen yang kuat dan dana yang cukup. Namun, dalam bisnis online yang dibutuhkan hanyalah satu dari beberapa hal di atas yaitu perencanaan yang matang. Memang sampai saat ini, banyak pelaku bisnis online yang secara “Tidak Sengaja” terjun ke dalam dunia bisnis online, demi kesuksesan dan kelanggengan ada baiknya jika kita membuat perencanaan yang matang sebelum ulai berbisnis.

Perencanaan seperti apa yang kita butuhkan?

1. Rencanakan Jenis Bisnis Online yang akan anda jalani
Ada banyak jenis bisnis online di dunia ini, seperti affiliate, paid per click, online forex, jual beli barang online, dan masih banyak lagi. Ada baiknya anda membulatkan tekad untuk fokus ke satu jenis bisnis ini.

2. Tentukan Produk / Niche
Jika anda sudah menentukan bisnis online apa yang anda pilih, selanjutnya tentukan produk / niche, sebaiknya fokus ke satu produk / niche saja, untuk menjaga agar anda tetap fokus.

3. Tentukan Target Penjualan
Ada baiknya anda menentukan target penjualan anda terlebih dahulu, apakah dalam negeri atau luar negeri.

4. Memilih Nama Domain yang Tepat
Nama domain biasanya dapat mendeskripsikan seberapa idealis kita. Jika kita memilih nama domain seperti nama sebuah toko yang anda inginkan berarti anda lebih idealis (ex:www.bambosi-ipod.com) dibanding dengan memilih nama domain sesuatu dengan produk yang akan anda jual (ex:www.cheap-ipod.com)

5. Memilih Hosting yang Tepat
Sebaiknya anda agak berhati-hati dalam memilih hosting, karena akan mempengaruhi keberhasilan anda. Carilah hosting yang memiliki kredibilitas tinggi dengan prosentasi downtime yang sangat minim. Dan sebagai saran saja, untuk target Luar Negeri pilihlah hosting Luar.

6. Membuat Halaman Web, Baik dengan HTML biasa ataupun dengan CMS
Untuk poin 6 saya sarankan anda memakai CMS Wordpress karena lebih SEO-Friendly dan dapat menunjang keberhasilan web anda.

7. Bacalah E-Book gratis sebanyak-banyaknya
Ada ribuan E-Book yang dapat anda download secara gratis. E-Book tersebut sangat bermanfaat karena menjelaskan kepada anda tentang SEO, Promosi Online Gratis, Jasa Iklan Online, dll..

8. Implementasikan semua ilmu yang anda dapat dari E-Book gratis
Setelah membaca berbagai E-Book tentunya anda harus mengimplementasikannya, di poin nomor 8 inilah kesabaran anda akan dituntut, karena menurut survey orang akan bosan dan malas setelah tidak mendapatkan hasil di bulan pertama, namun sebagian besar akan mendapatkan hasil setelah bulan ke 3 (baik kecil ataupun besar)

9. Cobalah sesuatu yang berlabel - Premium -
Setelah 8 poin di atas anda lakukan dengan benar dan mendapatkan hasil, cobalah untuk menggunakan jasa berbayar, baik iklan berbayar ataupun membeli E-Book.

Sebuah kata bijak “Setidak-tidaknya kita akan mendapatkan setengah dari apa yang kita inginkan dan usahakan”. Jadi, kita tidak akan tidak mendapatkan apa-apa jika kita telah berusaha.

Sumber: Blog Bisnis

No comments:

Post a Comment